DAMPAK E-MARKETING DALAM PROSES BISNIS DAN ORGANISASI
1. Dampak E-marketing dalam proses bisnis
Ada banyak dampak E-marketing untuk bisnis dan organisasi baik dampak positif dan negatif
Adapun dampak positif E-marketing dalam proses bisnis yaitu:
A. Dampak positif yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut yaitu:
a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
c. Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah.
d. Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
e. Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
f. Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
g. Dapat mengawasi pesaing
h. Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen
i. Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.
a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
c. Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah.
d. Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
e. Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
f. Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
g. Dapat mengawasi pesaing
h. Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen
i. Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.
B. Dampak negatif E-market dalam proses bisnis
Selaim dampak positif E-market juga memiliki dampak negatif
Adapun dampak negatif E-market dalam proses bisnis yaitu:
1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan.
2. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.
3. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
4. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
5. Kerugian yang tidak terduga.
2. Dampak E-marketing dalam organisasi
Adapun dampak E-marketing dalam organisasi yaitu:
1. Mampu beradaptasi secara cepat dengan teknologi baru dan perubahan lingkungan (learning organisation).
2. Mampu dan berani bereksperimen dengan produk, jasa, maupun proses baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar